Saturday, December 9, 2023
spot_img

34.377 Bikers Honda Bersatu di Honda Bikers Day 2023

Hi!Pontianak – Sebanyak 34.377 bikers Honda yang berasal lebih dari 750 club dari seluruh Indonesia bersatu dalam gathering akbar Honda Bikers Day (HBD) 2023. Semangat brotherhood atau persaudaraan antar bikers sangat kental mewarnai suasana pesta akbar tahunan para pecinta sepeda motor Honda sejak dari tingkat regional di 3 pulau besar hingga acara puncak di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, 28 Oktober 2023.

HBD 2023 menjadi cerminan loyalitas dan kuatnya ikatan emosional pengguna setia sepeda motor Honda yang semakin besar dan tak lekang oleh waktu. Soliditas lintas generasi dan gender juga terlihat dari kekompakan keluarga bikers Honda yang turut hadir dan berpartisipasi selama acara. Aura kebersamaan penuh arti semakin menguat diiringi aktivitas pendongkrak nasionalisme yang dikemas dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. Semangat tersebut ditunjukkan dengan kegiatan kontributif sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar.

HBD yang memasuki tahun penyelenggaraan ke-12 ini mengangkat tema ”Bersama Penuh Arti” yang memiliki makna mendalam, yakni saling menemani meraih mimpi sekaligus merasakan kesenangan berkendara bersama komunitas Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah vakum tiga tahun karena pandemi, HBD 2023 menjadi momen kebersamaan melepas rindu dengan sahabat yang sudah lama tidak bertemu, ataupun memperluas hubungan dengan anggota baru lainnya. Kebersamaan ini juga membawa dampak positif untuk masyarakat terutama UMKM yang terlibat di acara maupun di sekitar acara, sehingga dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian daerah penyelenggaraan acara.

Sebelum berkumpul bersama di Malang, rangkaian HBD tahun ini diawali dengan HBD regional Sumatera (23/9) di PKOR Way Halim, Lampung pada 23 September 2023. Digawangi oleh PT Tunas Dwipa Matra sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Lampung serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Sumatera lainnya, ajang tersebut berhasil menyatukan sekitar 5.000 bikers.

Keseruan pesta bikers Honda pun berlanjut di pulau Kalimantan yang berlokasi di Qubu Resort, Pontianak, Kalimantan Barat, pada 30 September, dengan dimeriahkan oleh lebih dari 2500 bikers dan dihelat oleh Astra Motor Kalimantan Barat, main dealer sepeda motor Honda wilayah Kalimantan Barat serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Kalimantan lainnya. 

Tak kalah meriah, HBD Regional di Sulawesi yang digelar oleh PT Daya Adicipta Wisesa, main dealer sepeda motor Honda wilayah Sulawesi Utara serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Sulawesi lainnya. Sekitar 2.000 bikers hadir di Lapangan Rindam XIII Merdeka, Tomohon, Sulawesi Utara pada 7 Oktober lalu.

Puncaknya, AHM bekerjasama dengan main dealer area Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, PT Mitra Pinasthika Mulia serta dukungan main dealer lain di wilayah Jawa, Bali dan NTB, menjadi tuan rumah puluhan ribu bikers Honda dari seluruh Indonesia pada HBD 2023. Para bikers dari berbagai komunitas dan pecinta sepeda motor Honda mendaftarkan diri secara antusias sejak tanggal 12 Agustus 2023. Tercatat total bikers yang melaju dari berbagai daerah ke Malang, Jawa Timur untuk merayakan kebersamaan pada puncak HBD mencapai 24.877 bikers.

General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor Andy Wijaya mengatakan gathering akbar Honda Bikers Day merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada komunitas Honda serta perwujudan mimpi mereka yang merindukan kebersamaan, kekompakan, dan kuatnya persaudaraan puluhan ribu bikers pecinta sepeda motor Honda di Indonesia.

“Sejak tahun 2009, Honda Bikers Day menjadi ajang yang selalu dinanti para bikers pecinta sepeda motor Honda untuk bersatu menjalin persaudaraan dan kebersamaan. Jumlah bikers yang mengikuti HBD terus meningkat dari tahun ke tahun, menariknya selalu diiringi dengan aksi positif yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Terima kasih untuk loyalitas, kepercayaan, dan ikatan silahturahmi kuat para bikers Honda,” ucap Andy.

Kegiatan Inspiratif

Ciri khas kegiatan yang melibatkan bikers seperti HBD selalu ditandai dengan kegiatan positif sekaligus inspiratif. Bersamaan dengan HBD nasional di Malang, para bikers melakukan kegiatan sosial, berupa pemberian prasarana tenda kepada UMKM untuk mendukung usahanya di sekitar Lapangan Rampal.

Selain itu, perwakilan komunitas Honda dari berbagai provinsi yang diinisiasi para Ketua Paguyuban komunitas Honda melakukan gerakan pelestarian peninggalan budaya, yakni membersihkan areal Candi Singosari dan penambahan jumlah tempat sampah.

Tak hanya berkumpul dan bersilaturahmi, bikers yang hadir di HBD nasional disuguhkan berbagai aktivitas seperti games seru yang semakin menguatkan kebersamaan para bikers Honda, antara lain berbagai games perorangan dan kelompok, pameran penjualan official merchandise, lapak bikers, pameran produk sepeda motor Honda, test ride sepeda motor Honda, pertunjukan musik, hingga kontes modifikasi.

HBD pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat (2009), dilanjutkan di Kiara Payung – Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (2010), Bromo-Pasuruan, Jawa Timur (2011), Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), Tanjung Tum-Banten (2013), Pantai Pandawa-Bali (2014), Pantai Teleng, Pacitan-Jawa Timur (2015) dan Pantai Boom, Banyuwangi-Jawa timur (2016), Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta (2017), kembali ke Pangandaran-Jawa Barat (2018), lalu menuju Ambarawa, Jawa Tengah (2019).

Penyelenggaraan HBD 2023 di 3 pulau dan puncak acara di kota Malang, Jawa Timur dapat terselenggara dengan baik dan penuh keseruan khas bikers Honda berkat dukungan berbagai pihak, termasuk main dealer dan komunitas Honda seluruh Indonesia, UMKM di wilayah penyelenggaraan, sponsor, serta berbagai elemen masyarakat yang mendukung  penyelenggaraan gathering akbar puluhan ribu pecinta sepeda motor Honda.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular