Sunday, December 10, 2023
spot_img

5 Cara Menghasilkan Uang untuk Mahasiswa, Mudah dan Praktis

Hi!Pontianak – Kehidupan perkuliahan merupakan fase yang sangat menyenangkan. Di jenjang ini, Anda bebas menambah teman, pengalaman, koneksi, hingga mencari cara untuk mendapatkan uang.

Biasanya, mahasiswa akan mencari pekerjaan sampingan seperti freelance atau internship (magang) yang dibayar. Kesempatan ini dilakukan untuk menambah uang jajan sekaligus pengalaman.

Bagi mahasiswa yang merantau dan jauh dari orang tua, mencari cuan saat kuliah bisa menjadi pilihan yang sangat membantu. Tujuannya tak lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk keperluan membayar UKT, sewa kos, makan, dan lain-lain.

Bagaimana cara menghasilkan uang untuk mahasiswa? Simak artikel berikut untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.

Cara Menghasilkan Uang untuk Mahasiswa

Dirangkum dari situs The University of Adelaide College dan sumber lain, berikut beberapa cara menghasilkan uang untuk mahasiswa selengkapnya yang bisa Anda coba:

1. Mengisi survey online

Mengisi survey online di Nusaresearch atau Ysense bisa menambah uang jajan mahasiswa. Pertama-tama, Anda bisa mendaftarkan akun terlebih dahulu dengan menggunakan email dan password.

Kemudian, cari survey berbayar yang tersedia di aplikasi tersebut. Lalu, selesaikan semua misi dan pertanyaan yang diajukan. Jika sudah, Anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kesepakatan di awal.

2. Digital freelancing

Menjadi pekerja lepas di ranah digital marketing bisa menjadi cara yang tepat bagi mahasiswa untuk menambah uang. Ini bisa mencakup pekerjaan apa saja, mulai dari content writer, desain grafis, penerjemah, voice over, dan lain-lain.

Biasanya, perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif sangat terbuka dan mau menerima mahasiswa sebagai karyawannya. Untuk memperbesar kesempatan diterima, Anda bisa memperbaiki CV dan resume terlebih dahulu.

3. Mengajar privat atau bimbingan online

Bimbingan belajar selalu menjadi cara yang tepat bagi mahasiswa untuk mendapatkan cuan. Di samping itu, Anda juga bisa menyegarkan kembali pengetahuan saat menjalani pendidikan formal beberapa tahun lalu.

Ilustrasi mahasiswa. Foto: shutterstock
Ilustrasi mahasiswa. Foto: shutterstock

Untuk menjadi guru privat, Anda harus menguasai beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan Kimia. Anda bisa memilih jenjangnya, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

4. Entrepreneurship

Menjadi entrepreneur saat masih kuliah bisa menambah cuan. Anda dapat memanfaatkan keterampilan yang dimiliki, misalnya membuat bouquet bunga, menghias seserahan pernikahan, menjadi MUA, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa membuka bisnis kuliner seperti angkringan, warkop, dan sejenisnya. Ajak teman satu tongkrongan Anda agar bisnis yang dijalani bisa cepat berkembang.

5. Barista

Bisnis coffeeshop semakin menjamur di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Anda bisa melamar pekerjaan sebagai barista di coffeeshop tersebut. Karena jam kerjanya fleksibel, Anda bisa memilih kerja di shift pagi ataupun malam.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular