Saturday, December 9, 2023
spot_img

Gempa di Landak, BMKG Sebut Tak Ada Gempa Susulan

Hi!Pontianak – Gempa bumi tektonik berkekuatan M 3,1 mengguncang Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Rabu, 14 September 2022, sekitar pukul 10.45 WIB.

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori menegaskan, pihaknya belum mendapat laporan adanya gempa susulan. “Hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” katanya.

Baca Juga

Breaking News: Gempa M 3,1 Guncang Kabupaten Landak

Ia mengungkapkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M 3,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,85° LU 110.04 ° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 56 kilometer Timur Laut, Kabupaten Landak-Kalbar pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” jelasnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat II-III MMI. Menurut informasi, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” terangnya.

ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pesannya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular