Saturday, December 9, 2023
spot_img

Warga Temukan Dua Ekor Pesut Terdampar di Pantai Tambak Rawang Kayong Utara

Hi!Pontianak – Dua ekor pesut ditemukan warga terdampar di Pantai Tambak Rawang, Kecanatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara pada Minggu, 18 Juni 2023 sore. Untung dua pesut itu masih hidup dan berhasil digiring oleh warga ke tengah laut.

Peristiwa pesut terdampar itu pun sempat diabadikan warga lewat video. Menyebar di media sosial hingga viral.

Dalam video yang dibagikan oleh akun instagram @kalbar_info terlihat dua ekor pesut berjenis orcaella brevirostris terdampar di pantai. Beberapa warga sekitar pun mendatangi lokasi untuk melihat secara langsung dan memegang hewan mamalia yang sering disebut lumba-lumba air tawar itu sebelum dievakuasi ke tengah laut.

Kepala Resort Sukadana dan Karimata, SKW I Ketapang, Balai KSDA Kalimantan Barat Agustinus Batubara menyebut, timnya juga ikut turun menyelamatkan dua mamalia tersebut bersama warga. Menurutnya, dua pesut tersebut terdampar sekitar pukul 10.37 WIB. Informasi didapat dari pihak Polres Kayong Utara.

“Setelah mendapat informasi, petugas ke lokasi untuk verifikasi di lapangan. Ternyata satwa pesut tersebut sedang dilakukan proses pelepasan dengan cepat ke laut,” terangnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat untuk dapat melaporkan apabila menemukan pesut maupun jenis mamalia laut lainnya bila terdamlar di pantai, supaya bisa segera diselamatkan.

“Kepada masyarakat kalau menemukan hal yang sama agar melapor kepada petugas,”pesannya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular